Jumat, 12 Januari 2018

Pasang Accu di Vespa Super



Salam skuterist.....!!!

Seperti yg saya ketahui bahwa vespa jadul memiliki kelistrikan AC. Makanya kenapa bila dipasang lampu Led sering putus? Padahal 12v?? Iya....ntu kan 12v AC kang? Bukan DC?? Bahaha...

Kelistrikan AC diambil langsung dari spul lampu, tanpa kiprok. Makanya tegangannya tidak stabil. Arus DC juga ada dua jenis ada halfwave dan fullwave. 

Owkeh  biar gak bosen bacanya...Qta langsung ajah...

1. Kabel dari spul yg nongol keluar ada 5
a.  Kabel spul jalan, yg digabung dengan kondensor lalu ke koil
b.  Kabel masa, biasanya suka ada kalaw pemasangan baru oleh bengkel, tp suka gak ditongolin apabila vespa pegangan sendiri. Karena pada dasarnya meskipun gak ditongolin keluar trus disambung ke body vespa, toh setrum masa udah ada pada body. Kesimpulannya mau dipasang ataw tidak? Itu hanya sekedar variasi
c.   Kabel lampu utama. Cirinya cek pake avo meter atur ke 50v AC/ bohlam / langsung kontak ke body vespa.  Kabel ini disambung ke (+) avo/bohlam 12v, dan (-) nya dari body vespa.
d.  Nah tinggal sisa 2 kabel. Kabel ini masih kabel lampu Cuma...salah satu harus kontak ke body biar yg satu lagi ngeluarin setrum? Klo salah satu gak kontak ke body...kabel ini gak bakalan ngeluarin setrum
 
  1. Mengenal kabel spul
  2.  Siapkan kiprok variasi yg kita buat. Kenapa gak pakai kiprok ori vespa? Kenapa gak pakai kiprok tiger yg udah fullwave? Karena klo kiprok bawaan pabrik memiliki dioda zener, yg fungsinya pengisian pada accu berlimit/ dibatasi.
  3. Siapkan accu baru. Soalnya kalo pake accu bekas kaya saya...penampungan listriknya tidak maksimal. Bahaha....
  4. Klo bisa spul lampu pada vespa anda udah dililit dari 6v ke 12v ya kang.
  5. Klo ingin tambahan elco/capasitor bank sebagai penyetabil accu lebih bagus. Gak juga gak masalah....
  6. Klo ingin tambahan relay untuk lampu dan klakson itu lebih bagus. Gak juga gak masalah....
  7. Klo bisa modal beli avo meter lah...., gak usah yg bagus? Yg muRmeR ajah...tp gunanya suuuaaangat banyak..!!!, ya...mo pinjem tetangga juga boleh...hehe..., oh sama solder kang...!
  8. Siapkan  Roko dan Kopi. Biar semangat eksperimen sampe Subuh...!
  LANGKAH PERTAMA. MEMBUAT KIPROK VARIASI BUATAN SENDIRI.



Gas skuter kalian ke toko elektronik bawa duit 50-100rb, trus kasih oretan ini :
1.       Dioda 6A                                                      =             6 buah
2.       kapasitor Elco 10.000 mikro F / 50 V          =             1 buah
3.       IC LM7815                                                   =             1 buah
4.       transistor 2N3055 / transistor jengkol          =             1 buah
5.       heatsink                                                        =             1 buah
6.       timah solder                                                 =             1 meter
7.       kabel (sesuai kebutuhan)
mika untuk transistor jengkol







 




LANGKAH KEDUA. AMBIL KABEL DARI SPUL

Seperti yg kita ketahui kabel lampu dari spul ada 3. Lampu utama dan 2 kabel yg mesti nyambung salah satunya ke body. Tapi untuk yang masuk ke kiprok variasi ini yg dipakai hanya 2 kabel kang. Jadi kabel yang satu nganggur alias gak dipake. Cm masalahnya saya lupa lagi kabel yang mana yang gak dipake? Di pilih acak aja kang ntar juga ketemu? Bahaha... soalnya udh 1 bln saya eksperimen jd lupa lagi? Dan hasilnya pengisian accu 14V DC sampe sekarang..!!

Silahkan yg mau berkomenntar. Geratis...!! soalnya saya bukan ahli elektro, hanya belajar berdasar pengalaman aja. Hehe..





4 komentar:

  1. kalau untuk px sama seperti itu ya gan rangkaian nya
    kalau px sepulnya perlu diubah juga atau tidak gan

    BalasHapus
  2. sama aja om, yg dipake cm 2 kabel aja koq

    BalasHapus
  3. Boz, saya mau nanya masalah kelistrikan lampu banyak vespa mods. Vespa saya super udah cdi dan pke aki GS Premium 12N 10-3B dan pke kiprok excel pasang 10 lampu depan dan 1 dinamo klakson dgn 5 terompet plus relay. Awalnya skitar sebulanan normal tp skrg2 ini kenapa akinya jd tekor ya ? Apa harus ganti kiprok jg ? Kira2 kiprok apa yg sesuai & cocok ? Tolong d bantu jawab & terima kasih.

    BalasHapus
  4. Mas misalkan vespanya ga pake cdi apa bisa ya mas dipaksa pake kiprok variasi dan akinya

    BalasHapus